hal yang bisa dipelajari dari semut

hal yang bisa dipelajari dari semut


Pada saat ini kita akan merenungkan sesuatu hal yang bisa dipelajari dari semut sesuatu mahkluk yang kecil tapi memiliki banyak filosofi yang dapat kita ambil dari seekor semut, silahkan disimak dan semoga kalian mendapatkan sesuatu pelajaran yang bisa direnungkan dari seekor semut.



hal yang bisa dipelajari dari semut


Didalam Amsal 6:6 berbunyi Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak, itu menandakan semut itu mahkluk yang suka bekerja sehingga jika kita bermalas malasan ada baik nya kita melihat kepada apa yang dikerjakan semut, bagaimana koloni mereka bersatu padu dalam bekerja khususnya dalam hal bekerja mengumpulkan makanan sehingga kita mendapatkan suatu gambaran kita harus bekerja giat dalam mengumpulkan sesuatu untuk kehidupan kita kelak dan juga anak cucu kita selagi kita masih diberi kesempatan untuk hidup di dunia ini.

Semut adalah serangga eusosial, Eusosial sebenarnya adalah kata yang digunakan oleh para ahli biologi untuk menyebut perilaku organisasi pada hewan - khususnya serangga - yang paling kompleks berdasarkan sistem hirarki dan pembagian kastanya. berasal dari keluarga Formisidae dan dikenal dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur, yang terkadang terdiri dari ribuan semut per koloni. Hewan ini adalah mahkluk hidup dengan populasi terpadat di dunia. Salomo melukiskan kehidupan semut melalui tulisannya dalam firman Tuhan, supaya kita dapat belajar hal-hal yang baik dari semut tersebut. Faktanya adalah semut binatang yang bergerak 24 jam sehari dengan kecepatan berjalan 0,5 km/jam. Kecepatan semut jika diukurkan kepada manusia adalah 80 km/jam. Sungguh memperlihatkan kerajinan yang luar biasa. Fakta ini diangkat Salomo dalam Amsal 6:6, ia meminta kita harus belajar dari semut soal kerajinan. Kita perlu memiliki kerajinan yang lebih baik lagi dalam pekerjaan dan melayani Tuhan, sebab kerajinan pasti akan menghasilkan yang baik.

hal yang bisa dipelajari dari semut


Selanjutnya semut adalah binatang yang lemah dan tidak tenar, namun ia mampu mengangkat beban 10 kali lebih besar dari dirinya. Hal ini memberikan gambaran kepada kita bahwa semut tidak pernah patah semangat dalam menghadapi apapun. Firman Allah dalam Amsal 17:22 menuliskan, semangat yang patah mengeringkan tulang. Jadi kita harus tetap bersemangat dan tidak boleh menyerah dalam perjuangan iman, meski di tengah-tengah tantangan atau menghadapi berbagai halangan.

Juga semut menganggap musim panas sebagai persiapan menghadapi musim dingin. Semut-semut mengumpulkan makanan untuk musim dingin mereka di pertengahan musim panas. Ini adalah cara pandang yang penting. Kita tidak boleh menjadi begitu naif dengan menganggap musim panas akan berlangsung lama apalagi sepanjang waktu. Sangat penting bagi kita untuk bersikap realistis, berpikir ke depan dan tidak tinggal diam dengan yang ada sekarang. Teruslah berupaya, teruslah tingkatkan dan teruslah persiapkan! seperti semut yang bekerja di musim panas untuk mempersiapkan di musim berikutnya, sama dengan kalian jika hari ini Kalian mendapatkan kelebihan suatu berkat dalam pekerjaan kalian tabunglah itu untuk mempersiapkan tabungan di hari tua kalian dan jika masih ada yang sisa bolehlah dibagikan kepada orang - orang yang membutuhkan. Jadi teladanilah semut! Biarlah kita semakin bijaksana dalam menjalani hidup ini, sehingga sebagai manusia kita bisa menjadi orang-orang yang berkenan kepada Tuhan. Selain itu ada banyak yang bisa kita petik dari pelajaran dan perilaku semut, mari kita ulas satu persatu;

1. Semut itu disiplin, teratur dan terorganisir
Semut itu mempunyai pembagian tugas yang jelas, ada semut ratu, yang tugasnya kimpoi dan bertelur saja, dan tentu saja sambil memerintah rakyat semut. Ada semut prajurit, yang tugasnya berperang. Ada semut pekerja, yang tugasnya mencari makan dan membangun sarang. Malah ada semut baby sitter, yang tugasnya merawat telur-telur yang belum menetas. Semut itu sekali menerima jabatan dan tugas, selalu melakukannya dengan sepenuh hati, kalau perlu mereka mati demi tugas.

2. Semut itu tertib
Lihatlah ketika semut berjalan bersama koloninya, mereka pasti berbaris, mereka antri, padahal jumlah mereka sangatlah banyak. Bandingkan dengan kita yang selalu menyerobot antrian dan saling salip-menyalip di jalanan. Mungkin sistem antrian lalu lintas di dunia semut lebih maju dibandingkan sistem dunia manusia ya.



hal yang bisa dipelajari dari semut




3. Semut itu hemat, pemurah dan Suka Bekerja sama
Betapa tidak, ketika seekor semut mendapatkan sebutir nasi, semut itu tidak akan menghabiskan nasi itu sendirian, tapi nasi itu akan disimpan untuk persediaan di masa paceklik yang digunakan untuk kebutuhan koloninya. Dan ketika ada makanan yang lebih besar, maka semut2 akan bergotong royong untuk mengangkatnya, begitu pula ketika membuat sarang.

4. Semut Itu gak cepat Putus Asa
Pernah menghalangi jalannya semut ? apa yang mereka lakukan ? mereka tidak akan putus asa, mereka akan mencari jalan lain supaya bisa sampai pada tujuannya. Tuhan memang maha adil, ternyata dibalik tubuhnya yang kecil seekor semut memiliki fiosofi yang besar yang memberikan contoh bagi kita untuk tetap semangat

hal yang bisa dipelajari dari semut


5. Semut itu setia dan tahan banting
Semut merupakan salah satu binatang yang setia. Setia kepada ratunya, kepada kelompoknya. Terutama semut pekerja yang selalu setia bekerja untuk memberi makan sang ratu dan semut lain dalam kelompoknya.

6. Semut itu kuat dan pemberani
Semut mampu mengangkat beban yang bahkan 50X lipat dari berat tubuhnya sendiri. Dengan keberaniaannya, semut berani untuk menggigit kita, manusia yang lebih besar ukurannya jika mereka kita ganggu, semut2 itu berani akan selalu berani menghadapi setiap tantangan yang datang pada mereka walaupun sangat besar.

Baiklah kawan kali ini kita sudah sedikit banyak belajar mengenai hal yang bisa dipelajari dari semut semoga bisa bermanfaat dan bisa kita renungkan dan kita tidak menjadi malas lagi, baiklah kawan sekian dulu dan terus nantikan artikel kita berikutnya yang memberikan renungan untuk kita pelajari.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan jika ada pertanyaan dan beri tanggapan anda dengan berkomentar disini ...